Andi

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya, apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya, mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas Tentang ANDI

Nama saya Andi. A. Efendi, saya seorang Mahasiswa S1 Teknik Informatika (ST) Di UNIVERSITAS MAJALENGKA JAWA BARAT

Minggu, 18 Oktober 2015

0 JAWABAN SOAL BAB I


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

JAWABAN Soal-soal BAB I

1.    Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan
Komputer ) ?
Jawab :
Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer ) adalah Komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem computer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2.    Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface ?
Jawab :
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) atau HCI (Human Computer Interaction) merupakan ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang terkait dengannya.
Sedangkan User interface adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Jadi user interface merupakan jembatan komunikasi yangmenjembatani user dengan komputer.

3.    Jelaskan definisi Ergonomi itu?
Jawab :
Ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi ilmu egronomi adalah bentuk kondisi yang EASNR yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efesien serta aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

4.    Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
Jawab :
Faktor ergonomic dibutuhkan dalam IMK karenamanusia yang bekerja di depan computer dengan waktu yang lama memerlukankenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan, agarhasil kerja lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar.
5.    Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?
Jawab :
·         Teknik Elektronika/ ilmu computer :Bidang ini membantu memahami perangkat keras danperangkat lunak yang akan digunakan dalam merancang interaksi  manusia dan computer.
·         Psikologi :Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan monitorik pengguna yang beraneka ragam.
·         Perancangan Grafis dan Tipografi :Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gambar akan lebih bermakna dari pada teks/tulisan.
·         Ergonomik :Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Karena manusia yang bekerja didepan computer memerlukan waktu yang lama. Misal : bentukKeyboar, mouse,posisi duduk, dan lain-lain.
·         Antropologi :Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda. Kelompok ini biasanya terdiri dari beberapa orang yang mengerjakan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.
·         Linguistik :Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini akan membantu dalam menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan komputer. Dialog disini biasanya menggunakan bahasa khusus,spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa  perintah, dan lain-lain.
·         Sosiologi :Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputerdengan aspek sosial masyarakat.
·         Rekayasa perangkat lunak :Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly (kenyamanan pengguna).
·         Kecerdasan buatan :Bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan  pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yanghandal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.
·         Multimedia (graphic design) :Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia




6.    Apa saja yang terlibat dalam IMK?
Jawab :
Interaksi Manusia dan Komputer memiliki 3 Komponen yang terlibat, yaitu :
1.      Pengguna (Manusia)
2.      Sistem (Komputer)
3.      Interaksi


7.    Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
Jawab :
·         Antarmuka yang menarik
·         Mudah dioperasikan
·         Mudah dipelajari
·         User Friendly (Ramah dengan pengguna)
·         Efisien

8.    Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer?
Jawab :
·           Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer·        Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
·           Penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancangsystem.
·           Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan



9.    Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
Jawab :
Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepatdan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaaan, dsb).Kemajuan teknologi ini juga memperngaruhi rancangan siste, sehingga muncul isu teknik antarmukapemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan  tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan computer.
Tahun 1950-anAntarmuka pada level hardware untuk teknik. Contoh: Switch panel·        Tahun 1960-1970-anAntarmuka pada level pemrograman. Contoh : COBOL,FORTRAN.
Tahun 1970-1990-anAntarmuka pada level intruksi
Tahun 1980-anAntarmuka pada level dialog interaksi.
Contoh : GUI,Multimedia.
Tahun 1990-anAntarmuka pada level lingkungan kerja.
Contoh : Sistem Network,Groupware.
Tahun 2000-anAntarmuka berkembang dengan luas.
Contoh.mobile device,interactive screen.

10.    Jelaskan tentang hubungan manusia , komputer dan interaksi dalam IMK?
Jawab :
            Ketiga komponen tersebut saling mendukung dan berkaitan satu sama lain. Manusia nya sendiri adalah sebagai pengguna (user) yang memakai computer. User ini berbeda-beda dan karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan computer.Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hadware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Seperti yang kita tahu bahwa prinsip kerja computer terdiri dari Input, Proses, Output.
            Komputer Ini akan bekerja sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh pengguna. User member perintah padacomputer dan computer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan. Dan Interaksi merupakan sebuah intruksi atau masukuan data ke dalam computer.

0 komentar:

Posting Komentar


Andy Efendi