1.11 Latihan
Soal-Soal Pendahuluan IMK
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan
Komputer ) ?
2. Jelaskan
perbedaan antara IMK dan User Interface ?
3. Jelaskan
definisi Ergonomi itu?
4. Mengapa faktor
ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
5. Sebutkan dan
jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?
6. Apa saja yang terlibat dalam IMK?
7. Sebenarnya
antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
8. Jelaskan
tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan
computer?
9. Sebutkan dan
jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
10.
Jelaskan tentang hubungan manusia , komputer dan interaksi dalam IMK?
2.12 Latihan Soal-soal Faktor Manusia
1.
1. Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah ...
1. Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah ...
a. Biru, hitam, hijau
b. Kuning, putih, hitam
c. Putih, biru, cyan
d. Merah, kuning, biru
2. Echoic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa...
a. Sentuhan
b. Penglihatan
c. Suara
d. Perasa
3. Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika :
a. Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan
menunggu untuk waktu yang lama
b. Selalu ada hiburang yang menarik perhatian
pada layer
c. Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan
ke arah solusi
d. Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya
yang cenderung lamban
4. Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem pengendali lalu lintas :
a. Biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan
sedikit dikorbankan
b. Waktu pelatihan yang lama tidak menjadi
masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebas
kesalahan
c. Perancangan sistem sulit, perancang harus
membuat sistem transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang-bidang
tugasnya
d. Kecepatan kinerja penting tetapi kesalahan
operator ditoleransi
5. Dari jenis pekerjaan mana yang paling memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
a. Pemasukan data
b. Pekerjaan interaktif
c. Akusisi data
d. Pengolahan kata
6. Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta beban otot yang rendah?
a. Pemasukan data
b. Pekerjaan interaktif
c. Akusisi data
d. Pengolahan kata
7. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
a. Meningkatkan kepercayaan diri dengan
memudahkan pemakai melakukan task sederhana
b. Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan
berarti seperti “are you sure you want to exit this program?”
c. Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan
kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri
0 komentar:
Posting Komentar